• Minggu, 2 Oktober 2022

Belajar Sabar dari Nurul, Penyintas Gempa Palu-Donggala

GTG
- Selasa, 20 November 2018 | 15:22 WIB
foto: Istimewa
foto: Istimewa

beritajowo.com / Palu (Kemenag) --- Nurul Istikharah tampak tersenyum. Rasa bahagia tersirat di wajahnya saat bertemu Menag Lukman Hakim Saifuddin yang menyambanginya di pelataran MAN 1 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pagi itu, Senin (19/11). 

Ia menarik pelan tangan kanan Menag Lukman saat bersalaman, menyandarkan ke kening dan menciumnya. Menag pun membalas senyuman Nurul. Menag kemudian menyapa dan mengelus kepala Nurul sembari membungkukan badan bertumpu setengah duduk untuk sejajar dengan Nurul yang duduk di kursi roda.

Saat tangan kanan Menag mengelus kepala Nurul, seketika ia pejamkan mata seakan merasakan belaian sang ibu yang kini telah tiada. Ada butiran kecil bening menetes di pipi Nurul tatkala berjumpa dengan Menag. 

Air mata kebahagian itu tak kuasa ia bendung. Menag dan Nurul pun bercengkerama tanpa sedikit pun menunjukkan kesedihan lara nan mendalam. 

Sambil memegang tangan kanan Nurul, Menag berucap pelan, "Kita harus kuat menghadapi cobaan ini. Allah swt pasti memberi kita kekuatan dan kesabaran," kata Menag disambut senyum dan anggukan kepala dari Nurul. Keduanya saling bertatap memberi pesan optimisme bahwa Allah Maha Rahman. Dia tidak akan memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya. 

-

Nurul Istikharah merupakan siswa Kelas X MIA 3 MAN 1 Kota Palu. Ia salah satu penyintas dari ribuan warga, pascagempa, tsunami dan likuefaksi melanda Kota Palu, Sigi, dan Donggala pada 28 September 2018 silam.

Ia buah hati dari pasangan Muh Yunus (45) dan Risni (44). Adiknya bernama Fuziah (14). Saat gempa dan likuefaksi, Nurul atas kuasa Allah mampu bertahan selama 35 jam hingga akhirnya ditemukan tim Basarnas dan warga.

Hanya kepala nurul yang tidak tertimbun reruntuhan material bangunan. Sementara sang ibu dan adik Nurul menghadap sang Khalik saat peristiwa itu.

Halaman:

Editor: GTG

Terkini

Aksi Hacker Bjorka, Idola Baru yang Menakutkan

Senin, 12 September 2022 | 14:50 WIB

Alasan Belanja Bisa Membuat Hati Bahagia

Rabu, 7 September 2022 | 17:11 WIB

7 pilihan ketika menghadapi kenaikan bbm

Rabu, 31 Agustus 2022 | 07:05 WIB
X