• Selasa, 27 September 2022

NFT Trending, bagaimanakah hukum NFT dalam Islam?

- Selasa, 18 Januari 2022 | 22:10 WIB
NFT semakin booming di Indonesia.
NFT semakin booming di Indonesia.


Beritajowo.com - Belakangan ini NFT trending karena foto selfie Ghozali yang terjual hingga milyaran rupiah. Lantas bagaimanakah hukum NFT dalam pandangan syariat hukum Islam?

NFt adalah aset kripto yang transaksinya menggunakan mata uang kripto. Beberapa tahun yang lalu, hukum tentang penggunaan mata uang kripto juga sempat trending sebelum NFT trending. Lalu bagaimanakah hukum penggunaan NFT dan mata uang kripto dalam pandangan hukum syariat Islam?

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendukung halalnya hukum token kripto Non-fungible Token (NFT) dalam Islam. Lalu bagaimana pandangannya soal fatwa haram MUI?

Sebagai informasi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada pertengahan bulan ini mengharamkan cryptocurrency atau uang kripto sebagai mata uang.

Baca Juga: Chef Arnold sosok dibalik trending NFT Ghozali. Inilah alasannya!

Dia menjelaskan telah mempelajari fatwa MUI tersebut. Menurutnya ada pengecualian, yakni jika barangnya jelas dan tidak menggantikan rupiah tidak ada masalah.

arang NFT itu jelas, karena dia masuk ke bursa yang bukan negara ya tentu menggunakan mata uang bursa itu. Seperti saham, jual belinya kan poin. Setelah poinnya dicairkan bisa jadi rupiah. Ini juga sama nanti berakhirnya rupiah lagi," jelasnya, Kamis (25/11/2021).

Soal potensi NFT, dia mengatakan tidak bisa memprediksi terlalu jauh. Namun menurutnya ada beberapa jenis kripto yang tidak masuk ke dalam logikanya yang juga termasuk diharamkan MUI, sementara itu NFT berbeda.

"Ada jenis kripto yang enggak masuk ke logika saya, jual beli apa banyak lah namanya tapi berdasarkan asumsi atau gosip itu yang diharamkan MUI. Jadi dari banyak ekosistem kripto, NFT yang kelihatannya memenuhi syarat syariat karena barangnya ada," kata Ridwan Kamil.

"Barang NFT itu jelas, karena dia masuk ke bursa yang bukan negara ya tentu menggunakan mata uang bursa itu. Seperti saham, jual belinya kan poin. Setelah poinnya dicairkan bisa jadi rupiah. Ini juga sama nanti berakhirnya rupiah lagi," jelasnya, Kamis (25/11/2021).

Halaman:

Editor: Syahid Abdulloh

Tags

Terkini

Sifat Sombong itu Mutlak Milik Allah SWT

Kamis, 15 September 2022 | 17:38 WIB

Cocok Buat Orang Malas, ini Amalan Doa Agar Rajin Ibadah

Sabtu, 10 September 2022 | 19:51 WIB

Antum Pengen Sehat?? Sering-Seringlah Membaca Al Quran

Kamis, 8 September 2022 | 23:26 WIB
X