• Jumat, 27 Mei 2022

Definisi Dosa Jariyah dan Macam Macam Dosa Jariyah Rujukan dari Ihya Ulumuddin Karya Imam Al Ghazali

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 23:43 WIB
hindari dosa jariyah (pixabay.com)
hindari dosa jariyah (pixabay.com)

beritajowo.com // Semarang - Mungkin kita sudah kerap mendengar tentang apa itu jariyah">amal jariyah, yakni amalan shalih yang bisa mengalirkan pahala meski sudah meninggal sekalipun.

Begitupun sebaliknya, yaitu dengan istilah ‘dosa jariyah’, masih kemungkinan asing di telinga.

Kata ‘jariyah’ sendiri berasal dari bahasa Arab ‘Jaraya‘ yang artinya terus, mengalir atau tetap berlaku.

Sehingga dosa jariyah ini bisa kita definisikan sebagai suatu amal sayyi’ah (kesalahan, tindakan buruk) yang bisa mendatangkan dosa sekaligus mudharat meski orang tersebut telah meninggal dunia. Artinya, dosa-dosa tersebut tetap mengalir adanya.

Baca Juga: Ucapan dan Perbuatan yang Bisa Menjadi Dosa Jariyah, Hindarilah!

Seperti halnya jariyah">amal jariyah, ada banyak macam-macam dosa jariyah yang harus kita hindari. Tidak pria atau wanita, baik itu muda atau tua, jika telah melanggar larangan ini, maka dosa mengalir tetap akan menyertai.

Tentunya kita tidak ingin menjadi orang-orang yang merugi di akhirat kelak, sehingga ada baiknya jika kita bersama-sama mengupas tuntas apa saja sayyi’ah jariyah ini.

Sebagaimana ajaran yang lainnya, Islam tidak akan memerintahkan pada umat melainkan ada rujukan yang akurat. Seperti halnya dalam anjuran untuk meninggalkan macam-macam dosa jariyah. Dalam Al-quran Surat Al-Ankabut ayat 12-13 :

وَقَالَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لِلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّبِعُواْ سَبِيلَنَا وَلۡنَحۡمِلۡ خَطَٰيَٰكُمۡ وَمَا هُم بِحَٰمِلِينَ مِنۡ خَطَٰيَٰهُم مِّن شَيۡءٍۖ إِنَّهُمۡ لَكَٰذِبُونَ وَلَيَحۡمِلُنَّ أَثۡقَالَهُمۡ وَأَثۡقَالٗا مَّعَ أَثۡقَالِهِمۡۖ وَلَيُسۡ‍َٔلُنَّ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ عَمَّا كَانُواْ يَفۡتَرُونَ 

Dan berkatalah orang-orang kafir kepada orang-orang yang beriman: "Ikutilah jalan kami, dan nanti kami akan memikul dosa-dosamu", dan mereka (sendiri) sedikitpun tidak (sanggup), memikul dosa-dosa mereka. Sesungguhnya mereka adalah benar-benar orang pendusta.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X