• Selasa, 7 Februari 2023

Doa Mewujudkan Keluarga yang Sakinah Mawadah dan Rahmah, Bahagia Tak Melulu Harta

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 00:24 WIB
Doa agar menjadi keluarga yang sakinah mawadah wa Rahmah
Doa agar menjadi keluarga yang sakinah mawadah wa Rahmah
beritajowo.com / Jakarta - Bagi umat islam, pernikahan memiliki makna yang sangat dalam. pernikahan bukan saja aktifitas yang dilaksanakan demi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial, tapi juga merupakan bagian dari ibadah kepada sang pencipta. doa mewujudkan keluarga yang penuh berkah patut dipanjatkan.

Pernikahan memiliki tujuan yang mulia yaitu menciptakan keluarga yang sakinah, mawadah dan Rahmah, ketentraman dan kasih sayang.

Maka memanjatkan doa agar tujuan pernikahan tercapai sangat dianjurkan.

Karenanya untuk mencapai semua itu mesti ada campur tangan Allah. Secara lahir usaha-usaha tertentu perlu dilakukan demi terciptanya keluarga yang penuh dengan kebahagiaan.

Secara batiniah doa perlu dipanjatkan kepada Allah untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia penuh dengan keberkahan.

Baca Juga: Sering Alami Tak Bisa Tidur, Ini Doa Susah Tidur atau Insomnia yang Dianjurkan Rasulullah

Dalam sebuah riwayat ada satu doa yang diajarkan kepada kita untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia penuh dengan keberkahan. Doa tersebut sebagai berikut:

  اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ وَارْزُقْنِيْ مِنْهُمْ وَارْزُقْهُمْ مِنِّي. اَللّٰهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ  

Allâhumma bârik lî fî ahlî wa bârik lahum fiyya warzuqnî minhum warzuqhum minnî. Allâhummajma’ bainanâ mâ jama’ta ilâ khairin wa farriq bainanâ idzâ farraqta ilâ khairin

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku.

Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.”

Dalam satu riwayat dituturkan bahwa doa tersebut disampaikan oleh sahabat Abdullah bin Mas’ud kepada seorang laki-laki yang datang kepada beliau.

Laki-laki itu menceritakan kalau dirinya baru saja menikah dengan seorang gadis, namun ia sangat khawatir kalau-kalau terjadi kebencian di antara keduanya hingga terjadi perpecahan.  

Baca Juga: Dalil Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW Tentang Dahsyatnya Doa ke Dua Orang Tua Terutama Ibu

Mendengar cerita itu Abdullah bin Mas’ud lalu menyarankannya agar ketika ia mendatangi istrinya maka lakukanlah shalat dua rakaat lalu membaca doa tersebut.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Cepat Kaya yang Berkah dan Artinya

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:35 WIB

Cemilan Kue Kering di Hari Natal, Resep Kue Jahe

Sabtu, 10 Desember 2022 | 19:07 WIB

Berdoa Cepat Terkabul, Bila Saatnya Tepat. Kapankah??

Jumat, 4 November 2022 | 23:25 WIB
X