• Jumat, 9 Desember 2022

Kebaikan Kecil Di Balas Dengan Surga, Menyingkirkan Duri Di Jalan

- Kamis, 24 Februari 2022 | 00:00 WIB
Jalan yang lurus identik dengan jalan kebaikan. Jalan seperti itulah yang akan menyelamatkan. (pixabay.com/jpleon)
Jalan yang lurus identik dengan jalan kebaikan. Jalan seperti itulah yang akan menyelamatkan. (pixabay.com/jpleon)

beritajowo.com / semarang- Jangan sampai kita terlalaikan untuk beribadah kepada Allah dan lupa untuk memperbanyak amal kebaikan.

Kebaikan walau sekecil apapun pasti akan Allah berikan balasannya, Allah berfirman : “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Az-Zalzalah : 7). Dan kita tidak akan pernah tahu kebaikan apa yang akan membawa kita kepada surga nya Allah.

Keutamaan suatu amalan itu dapat dilihat dari keikhlasan dan keimanan didalamnya. Suatu amalan walau sekecil apapun, jika terdapat keikhlasan dan keimanan didalamnya, maka akan menjadi suatu yang utama.

Baca Juga: Doa Rasulullah Untuk Orang Sakit, Arab Terjemahan dan Artinya

Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam mengabarkan kepada kita bahwa keimanan itu memiliki tujuh puluh bagian. Bagian tertinggi ialah kalimat Lâilâhaillallâh, sedangkan bagian terendah ialah menyingkirkan duri di jalan.

Melalui beberapa hadits berikut ini, Baginda Nabi hendak mengisahkan seorang pria yang dimasukkan Allah ke dalam surga karena menyingkirkan sebuah dahan berduri di jalan yang biasa dilalui kaum Muslimin agar tidak membahayakan mereka.

Dalam riwayat Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyabdakan:

بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي بِطَرِيقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ عَلَى الطَّرِيقِ فَأَخَّرَهُ، فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ

“Saat seorang pria sedang berjalan, tiba-tiba ia mendapati sebuah dahan berduri yang menghalangi jalan. Kemudian ia menyingkirkannya. Maka Allah bersyukur kepadanya dan mengampuni dosa-dosanya” (HR al-Bukhari).

Sementara dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan:

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berdoa Cepat Terkabul, Bila Saatnya Tepat. Kapankah??

Jumat, 4 November 2022 | 23:25 WIB
X