• Kamis, 8 Desember 2022

Buya Arrazy Hasyim : Mendoakan Pemimpin Ajaran Ahlussunnah, Membersihkan Diri Dari Sifat Benci dan Dendam

- Kamis, 3 Maret 2022 | 17:56 WIB
Buya Arrazy Hasyim tentang mendoakan pemimpin adalah ciri ahlussunah
Buya Arrazy Hasyim tentang mendoakan pemimpin adalah ciri ahlussunah

beritajowo.com / jakarta- Kajian Isra Mi'raj Tingkat Kenegaraan bertema Teguhkan Semangat Beragama dan Berbangsa yang dilakukan secara daring dan luring, Diselenggarakan pada hari Senin (28/2/2022) malam dengan pendakwah Dr. Buya Arrazy Hasyim, Lc, S.Fil.I., MA.Hum.  

Ustadz Arrazy Hasyim belakangan menjadi populer di media sosial karena kajian-kajiannya. Seorang pendakwah muda dan cerdas dari Sumatera Barat

Pengasuh Ribath Nouraniyyah Hasyimiyyah Ciputat Jakarta Selatan, Buya Arrazy Hasyim menjelaskan bahwa ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah selalu mendoakan ulama dan pemimpinnya dalam keadaan apa pun.  

Baca Juga: Resep Membuat Pisang Coklat

"Semua kitab-kitab Ahlussunnah Wal Jamaah yang jadi panutan mayoritas umat Islam Indonesia. Di sana dijelaskan kewajiban untuk mendoakan para pemimpin," jelasnya.  

Mendoakan pemimpin, kata Buya Arrazy Hasyim tetap dilakukan meskipun pemimpin itu dikabarkan berbuat zalim dan lain sebagainya. Dengan harapan, setelah berdoa ada perubahan ke arah positif dari pemimpin tersebut. 

"Meskipun dikabarkan pemimpin tersebut dzolim dan tidak disukai. Maka tetap diwajibkan mendoakannya," imbuhnya.  

Menurutnya, pendapat ini dipertegas lagi oleh Imam Sya'roni dalam kitab Al-Bahrul Maurud fii Mawatsiiqi wal Uhud.  

Di sana dijelaskan bahwa Imam Sya'roni tidak melihat ulama ahli qolbu, ahli ma'rifat, yang biasa dikenal dengan sufi kecuali mereka sedikit sekali ingkar dengan ulama dan umara.   

Justru ahli makrifat atau sufi tersebut mendoakan para pemimpin dari dalam hati, dalam kesendirian karena yang dipikirkan kemashlahatan umat, bukan emosi berpolitik semata.   

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berdoa Cepat Terkabul, Bila Saatnya Tepat. Kapankah??

Jumat, 4 November 2022 | 23:25 WIB
X