Puasa di Bulan Syaban adalah Amalan Dengan Pahala Berlimpah

- Minggu, 6 Maret 2022 | 21:16 WIB
ILUSTRASI Bulan Syaban (Wildy Isnaini/Aspirasiku)
ILUSTRASI Bulan Syaban (Wildy Isnaini/Aspirasiku)

beritajowo.com / semarang- Tanggal 4 Maret 2022 kita sudah memasuki bulan syaban. Dalam Islam bulan syaban termasuk ke dalam bulan yang istimewa. Dimana banyak amalan yang bisa kita kerjakan dan mendapat pahala melimpah, misalnya puasa.

Dalam perhitungan kalender hijriyah, bulan syaban adalah bulan  ke delapan, pada bulan syaban kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan, salah satunya adalah puasa sunnah syaban.

Meski ada banyak pahala yang dijanjikan oleh Allah jika setiap muslim mengerjakan amalan bulan syaban tetapi terkadang kita merasa berat untuk melakukannya. Perlu perjuangan keras agar kita bisa melaksanakan amalan-amalan tersebut.

Baca Juga: Ngeri Kiano dan Kenzo Anak Baim Wong Masuk Kandang Harimau Peliharaan Alshad Ahmad

Puasa sunah di bulan syaban berdasarkan hadits-hadits shahih dari Nabi Muhammad saw, yang di antaranya adalah dua hadits berikut:

   عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ: لَا يُفْطِرُ؛ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ: لَا يَصُومُ. وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ. (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ)  

Artinya, “Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’; beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berpuasa’; aku tidak pernah melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadlan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’ban’.” (Muttafaqun ‘Alaih. Adapun redaksinya adalah riwayat Muslim).

Baca Juga: Big Match Man City vs Man United Siapa Menang Batle of Manchester

   عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: ... كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ، كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلاَّ قَلِيلاً. (رواه مسلم)  

Artinya, “Diriwayat dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘… Rasulullah saw sering berpuasa Sya’ban seluruhnya; beliau sering berpuasa Sya’ban kecuali sedikit saja’.” (HR Muslim).  

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Cepat Kaya yang Berkah dan Artinya

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:35 WIB

Cemilan Kue Kering di Hari Natal, Resep Kue Jahe

Sabtu, 10 Desember 2022 | 19:07 WIB

Berdoa Cepat Terkabul, Bila Saatnya Tepat. Kapankah??

Jumat, 4 November 2022 | 23:25 WIB
X