• Minggu, 25 September 2022

Dalil Larangan Pernikahan Beda Agama

- Kamis, 10 Maret 2022 | 23:04 WIB
Pernikahan Beda Agama
Pernikahan Beda Agama

beritajowo.com / semarang- Sebenarnya telah menjadi pengetahuan umum di mayoritas kalangan umat Islam, bahwa hukum wanita muslimah menikah dengan lelaki nonmuslim adalah haram. 

Dalam syariat, pernikahan yang tidak sah maka hukumnya apabila berhubungan suami-istri maka dianggap sebagai zina. “Jika seorang wanita Muslimah dan lakinya non-Muslim.

Ini harga yang sudah tidak boleh ditawar Menurut cendekiawan Muslim Quraish Shihab, Islam sejatinya membolehkan pernikahan Muslim dan non-Muslim. Asalkan, pengantin laki-laki adalah Muslim sedangkan wanitanya adalah ahli kitab.

Baca Juga: KH. Miftachul Akhyar Dirinya Dirayu Dan Diyakinkan Untuk Bersedia Jadi Ketua Umum MUI, Tapi Kemudian....

Dalil Al Qur'an Tentang Hukum Haramnya Pernikahan Beda Agama Bahkan Nabi saw pernah menceraikan putrinya yaitu Zainab ra dari suaminya yang masih enggan masuk Islam.

Lalu setelah suaminya masuk Islam, ia baru dinikahkan lagi kepadanya dengan mahar dan pernikahan baru, sebagaimana diriwayatkan:

 عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده: أن رسول الله صلى الله عليه و سلم رد ابنته زينب على العاصي بن الربيع بمهر جديد ونكاح جديد

Artinya, “Diriwayatkan dari Amru bin Syu’iab, dari ayahnya, dari kakeknya, sungguh Rasulullah saw mengembalikan putrinya sendiri yaitu Zainab ra kepada mantan suaminya Al-‘Ashi bin ar-Rabi’ dengan mahar dan akad nikah yang baru,” (HR At-Tirmidzi).

Meskipun hadits ini dikritik dari sisi sanadnya, namun faktanya yang diamalkan oleh para ulama adalah hadits ini daripada hadits riwayat Ibnu Abbas ra yang menunjukkan Zainab dikembalikan kepada tanpa akad nikah yang baru dan mencukupkan adan nikah yang dahulu.

Demikian ini pendapat Imam Malik bin Anas, al-Auza’i, as-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq, sebagaimana ditegaskan oleh Imam at-Tirmidzi sendiri. Selain itu, dalam dunia Islam memang tidak ditemukan satu ulama pun yang membolehkan pembiaran wanita tetap berstatus menjadi istri lelaki musyrik setelah masa iddahnya habis, ketika orang musyrik itu lebih terlambat masuk Islam daripada istrinya.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sifat Sombong itu Mutlak Milik Allah SWT

Kamis, 15 September 2022 | 17:38 WIB

Cocok Buat Orang Malas, ini Amalan Doa Agar Rajin Ibadah

Sabtu, 10 September 2022 | 19:51 WIB

Antum Pengen Sehat?? Sering-Seringlah Membaca Al Quran

Kamis, 8 September 2022 | 23:26 WIB
X