• Sabtu, 21 Mei 2022

Hutang Puasa Bertahun-tahun Hingga Lupa Jumlah, Bagaimana Cara Membayarnya?

- Rabu, 23 Maret 2022 | 13:29 WIB
Ilustrasi Buya Yahya/Tangkapan layar YouTube/Al-Bahja TV (Tangkapan layar YouTube/Al-Bahja TV)
Ilustrasi Buya Yahya/Tangkapan layar YouTube/Al-Bahja TV (Tangkapan layar YouTube/Al-Bahja TV)

beritajowo.com - Buya Yahya menjelaskan bagaimana jika seseorang memiliki hutang puasa bertahun-tahun hingga lupa dengan jumlahnya, bagaimana cara membayarnya.

Berikut ini penjelasan Buya Yahya mengenai bagaimana jia seseorang memiliki hutang puasa tahunan hingga lupa berapa jumlahnya dan bingung bagaimana cara membayarnya.

Seperti diketahui setiap umat muslim bahwa ibadah puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim yang telah memenuhi syarat dan telah baligh.

Baca Juga: Ustad Adi Hidayat: Inilah 4 Keutamaan Puasa Ramadhan yang Tidak Terdapat Saat Puasa di Bulan Lainnya

Baca Juga: Dinda Hauw Kehilangan Calon Anak Kembarnya! Ceritakan Kisahnya Penuh Haru, Begini...

Namun, ada waktu dan kondisi tertentu seorang muslim tidak wajib melaksanakan ibadah puasa, atau memang karena dengan sengaja meninggalkan kewajiban.

Seperti wanita haid, nifas, ibu hamil, orang yang sudah tua, sakit atau sedang dalam perjalanan. Semua itu tidak wajib melaksanakan puasa namun sangat wajib membayar hutang puasa atau fidyah.

Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185).

Bagi yang telah benar-benar bertaubat dan ingin memperbaiki diri, lantas ingin mengganti hutang puasa Ramadhan berikut ini caranya.

Baca Juga: Doa Pendek Meyambut Bulan Ramadhan Ijazah Syekh Ali Jaber

Halaman:

Editor: Astried Natlia

Tags

Terkini

X