• Minggu, 14 Agustus 2022

Mau Tahu Ciri-Ciri Ahli Surga dan Ahli Neraka, Kalian Termasuk yang Mana

- Jumat, 1 Juli 2022 | 16:12 WIB
Ilustrasi singkat tentang ciri-ciri para ahli surga. (istimewa)
Ilustrasi singkat tentang ciri-ciri para ahli surga. (istimewa)

beritajowo.com / semarang - Selama di dunia, kita tidak bisa mengetahui siapa saja di antara kita yang ahli surga maupun ahli neraka kecuali orang-orang yang mendapatkan nash jaminan masuk surga.

Beberapa orang yang sudah dijamin sebagai ahli surga, antara lain sperti sepuluh orang yang telah dijanjikan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Di antara mereka adalah Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Sa'ad bin Abi Waqash, Abdurrahman bin Auf dan lain sebagainya.

Di luar orang yang mendapat jaminan, tidak ada makhluk manapun yang bisa memastikan siapa yang termasuk ahli surga atau ahli neraka

Baca Juga: Arti Mimpi Menangkap Burung, Pertanda Apa? Dari Impian Terwujud, Bakal Ketemu Jodoh hingga Kebanjiran Rezeki

Namun setidaknya, Abdullah bin Zaid radliyallahu anh sebagaimana dikutip oleh Abdul Wahab as-Sya'rani dalam Mukhtashar at-Tadzkirah lil Qurthubi (Kairo, Dâru Ihya' al-Kutub al-Arabiyyah, halaman 93) memberikan gambaran ciri-ciri orang ahli surga yang dapat ditelisik saat mereka masih di dunia sesuai dengan sifat yang telah difirmankan dalam Al-Qur'an.

Di antara mereka ciri ahli surga yang dapat dilihat di dunia ini adalah orang yang hidupnya penuh dengan kesedihan, galau, menangis, dan takut akan adzab Allah.

Kesedihan dan galau di sini bukan sebab memikirkan masalah dunia, namun sedih tentang bagaimana hubungannya dengan Allah, nasibnya di akhirat kelak dan seterusnya.

Baca Juga: Bentar Lagi Pilpres nih Gaeess!! Pilih Pemimpin yang Punya Prinsip Kepemimpinan seperti Maha Patih Gajah Mada

Dengan kesedihan yang mendalam tersebut, Allah subhânahu wa ta'âlâmenggantinya dengan hidup penuh kebahagiaan di akhirat kelak. 

قَالُوا إِنَّا كُنَّا قَبْلُ فِي أَهْلِنَا مُشْفِقِينَ، فَمَنَّ اللَّهُ عَلَيْنَا وَوَقَانَا عَذَابَ السَّمُومِ 

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadist-Hadis Pelarangan Memanjangkan Kuku

Kamis, 7 Juli 2022 | 13:22 WIB

Bolehkah Dalam Islam Memanjangkan Kuku?

Kamis, 7 Juli 2022 | 13:16 WIB
X