• Jumat, 9 Desember 2022

Cara Pembagian Daging Kurban Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

- Minggu, 3 Juli 2022 | 21:59 WIB
Pengorbanan kaum muslim menyembelih hewan kurban tidak sebanding dengan pengorbanan nabi Ibrahim (Foto: Gorajuara.com/dok. Pikiran-Rakyat.com)
Pengorbanan kaum muslim menyembelih hewan kurban tidak sebanding dengan pengorbanan nabi Ibrahim (Foto: Gorajuara.com/dok. Pikiran-Rakyat.com)

beritajowo.com / jakarta - Kurban hukumnya sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan untuk umat Islam dengan tujuan agar semakin dekat Allah SWT.

Saat berkurban juga harus memenuhi cara pembagian hewan kurban yang benar. Perintah berkurban ini sesuai dengan firman Allah Swt dalam QS. Al-Kautsar ayat 2, bahwa: 

Artinya: "Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” 

Baca Juga: Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Menurut Syariat Islam

Ibadah kurban sendiri dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak. Namun perlu diingat umat muslim bahwa hewan yang dikurbankan hanya boleh dari kalangan Bahiimatul Al An'aam (hewan ternak tertentu). Yaitu, unta, sapi, atau pun kambing. Maka selain hewan-hewan tersebut tidak boleh digunakan untuk kuraban. 

Lantas bagaimana cara pembagian hewan kurban yang benar sesuai syariat?

• Cara Pembagian Hewan Kurban yang Benar 

sepertiga untuk diri sendiri (orang yang telah berkurban). Bahkan orang yang berkurban sunah hukumnya memakan daging tersebut. Kemudian sepertiga lainnya untuk disedekahkan, dan sepertiga sisanya untuk disimpan. 

Daging hewan kurban selain dapat diberikan untuk semua kerabat, juga dapat diberikan kepada para fakir miskin.

Baca Juga: Hewan Kurban Meningkat, Cermin Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Anggota

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berdoa Cepat Terkabul, Bila Saatnya Tepat. Kapankah??

Jumat, 4 November 2022 | 23:25 WIB
X