• Minggu, 14 Agustus 2022

Hadist-Hadis Pelarangan Memanjangkan Kuku

- Kamis, 7 Juli 2022 | 13:22 WIB
Kapan batas waktu terakhir potong kuku dan rambut bagi orang yang qurban? Simak informasinya di sini hingga selesai. (pexels/joao)
Kapan batas waktu terakhir potong kuku dan rambut bagi orang yang qurban? Simak informasinya di sini hingga selesai. (pexels/joao)

beritajowo.com / jakarta - Dalam islam melarang memanjangkan kuku sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

“Ada lima perkara fitrah manusia, yaitu: melakukan khitan, memotong kumis, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku” (HR. Bukhari dan Muslim).

Apabila seseorang tidak memotong kukunya, maka ia telah menyalahi fitrah yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Bolehkah Dalam Islam Memanjangkan Kuku?

Alasan yang lebih masuk akal mengapa Islam melarang umatnya memanjangkan kuku adalah:

Kuku yang panjang, dapat menjadi penghalang masuknya air wudhu ke dalam sela kuku bagian dalam. Apabila hal itu terjadi, maka wudhu yang dilakukan menjadi tidak sah.

Selain itu, kuku yang panjangnya melebihi jari-jemari, akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Dan kotoran yang menempel pada kuku akan menyebabkan masalah bagi kesehatan tubuh.

Dari hadist riwayat Al- Baihaqi dan Thabrani, Rasulullah SAW mengatakan “Ada salah seorang di kalian bertanya mengenai berita dari langit sedangkan orang tersebut memiliki kuku panjang seperti cakar burung dimana ia mengumpulkan janabah dan kotoran di dalamnya”.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini, Kamis 7 Juli 2022 untuk Stasiun Trans7, Ada Mancing Mania dan Misteri Dunia

kebanyakan ulama, hukum memanjangkan kuku adalah makruh. Namun beberapa ulama juga berpendapat jika memanjangkan kuku hingga melebihi 40 hari, maka hal tersebut dianggap haram. Anas bin Malik ra. Mengatakan:

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadist-Hadis Pelarangan Memanjangkan Kuku

Kamis, 7 Juli 2022 | 13:22 WIB

Bolehkah Dalam Islam Memanjangkan Kuku?

Kamis, 7 Juli 2022 | 13:16 WIB
X