Mutiara Subuh Pagi Ini: Sifat Pelit bin Kikir alias Bakhil Harus Dibuang Jauh bagi Umat Islam

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 07:09 WIB
ilustrasi Nasehat Pagi: Sifat Pelit bin Kikir alias Bakhil Harus Dibuang Jauh bagi Umat Islam karena bisa menjerumuskan ke banyak hal yang dimurkai Allah SWT (Pexels / Pixabay)
ilustrasi Nasehat Pagi: Sifat Pelit bin Kikir alias Bakhil Harus Dibuang Jauh bagi Umat Islam karena bisa menjerumuskan ke banyak hal yang dimurkai Allah SWT (Pexels / Pixabay)

beritajowo.com // Semarang - Sifat pelit atau kikir, yang juga disebut bakhil, merupakan salah satu dari sekian sifat yang harus dihindari umat Islam.

Karena sifat pelit dan kikir alias bakhil tersebut akan mendorong seseorang untuk bersikap enggan berbagi dan membantu kesusahan orang lain.

Orang yang pelit bin kikir alias bakhil seringkali di jauhi saudara, tetangga dan teman-temannya.

Orang yang pelit bin kikir seringkali menjadi perhitungan dan egois.

Manusia yang pelit seringkali terjerumus menjadi orang yang mudah berbohong, tidak jujur dan kawatir hartanya berkurang.

Orang yang pelit tentu saja menjadi cikal bakal manusia yang tamak dunia, rakus dan serakah.

Bahkan orang yang pelit bin kikir pun akan didoakan keburukan oleh para malaikat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

‘Tidak satu hari pun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua Malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Sedangkan yang lainnya berkata, ‘Ya Allah Subhanahuwata'ala, hancurkanlah harta orang yang kikir.'” (HR. Imam al-Bukhari dan Imam Muslim)

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Terkini

Cemilan Kue Kering di Hari Natal, Resep Kue Jahe

Sabtu, 10 Desember 2022 | 19:07 WIB

Berdoa Cepat Terkabul, Bila Saatnya Tepat. Kapankah??

Jumat, 4 November 2022 | 23:25 WIB
X