• Kamis, 6 Oktober 2022

Ini Tips Ciri Hewan Kurban yang Perlu Diketahui untuk Dibeli

GTG
- Minggu, 4 Agustus 2019 | 16:02 WIB
Drh Mukhlas Yasi Alamsyah berada di kandang sapi. (foto dok)
Drh Mukhlas Yasi Alamsyah berada di kandang sapi. (foto dok)

beritajowo.com / semarang - Ungkapan "teliti sebelum membeli" tampaknya sangat berlaku bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban, baik sapi atau pun kambing. Hal itu dikatakan supervisor ahli PT Eka Farma, drh Mukhlas Yasi Alamsyah dalam membagi tips bagi konsumen. Pastikan membeli di pedagang yang sudah ada rekomendasi atau diperiksa oleh petugas pemerintah yakni dokter hewan yang ditunjuk.

"Saat menjelang tibanya hari raya Idul Adha, orang akan sibuk membeli hewan kurban. Sebenarnya orang bisa mengenali secara langsung ciri-ciri hewan kurban yang sehat hanya dengan melihat fisik hewan," kata Mukhlas YA ditemui Minggu (4/8).

Ciri-ciri hewan kurban yang ideal, menurut dokter yang membuka praktik di Getasan, Kabupaten Semarang itu adalah, postur tubuh normal/tidak ada cacat dan aktif bergerak, Kemudian kulit mengkilat dan bersih dari penyakit kulit. Tidak diare dan kencing normal. Kemudian mata normal cerah dan telinga tegak. Juga kaki tidak pincang. Umur dewasa, kalau untuk sapi bisa dilihat dari gigi yang sudah ganti gigi minimal sepasang, jadi umur diatas sekitar 2 tahun.

"Tapi untuk melihat umur hewan, kita tidak bisa memastikannya hanya melihat fisik luarnya saja. Tapi pedagang yang baik biasanya akan menunjukkan gigi hewan yang poel (tanggal) untuk mengatakan hewan itu sudah berumur," lanjut Mukhlas YA.

Satu hal lagi, demikian Mukhlas, "Pastikan kita membeli di pedagang yang sudah ada rekomendasi atau diperiksa oleh petugas pemerintah yakni dokter hewan yang ditunjuk," lanjut dia.

Editor: GTG

Terkini

Suami Diduga Dalang Penembakan di Banyumanik

Minggu, 24 Juli 2022 | 18:41 WIB
X