• Selasa, 25 Januari 2022

Antisipasi Proyek Gagal, DPRD Kota Semarang Minta Lelang Proyek Besar Dilakukan Di awal Tahun

- Jumat, 26 November 2021 | 15:57 WIB

beritajowo.com//Semarang - DPRD Kota Semarang terus mendorong pemerintah Kota Semarang untuk bisa mencapai target serapan APBD Kota Semarang dalam setiap tahunnya. 

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Suharsono meminta agar proyek besar dilakukan lelang di awal tahun, untuk meminimalisir adanya kegagalan proyek. 

Ia mengungkapkan, hingga bulan Oktober, serapan anggaran APBD Kota Semarang masih sekitar 60 persen. 

Kecenderungan serapan anggaran pemerintah biasanya berada pada puncaknya yakni bulan Oktober hingga November. Sehingga untuk menghasilkan serapan anggaran yang tinggi, Pemkot Semarang bisa menyiasatinya dengan mengkaji beberapa proyek yang dinilai besar dan membutuhkan waktu lama untuk bisa dilakukan lelang di awal tahun. 

"Pekerjaan lelang yang besar dan butuh waktu mulai dilelangkan di awal tahun anggaran Januari -Februari sehingga sesuai harapan, kualitas bagus, dan segera dioperasionalkan. Di samping itu, meningkatkan serapan anggaran," ungkapnya 

Berkaca dari tahun sebelumnya, pihaknya masih yakin serapan anggaran APBD Kota Semarang akan berada diatas 90 persen hingga akhir tahun nanti. 

Bahkan Suharsono tidak menampik jika serapan APBD Kota Semarang setiap tahunnya mengalami peningkatan yah cukup baik. 

Hal itu bisa dilihat dari sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) yang selalu mengalami penurunan dari tahun ke tahun. 

"Kemungkinan 2021 akan lebih kecil lagi. Dengan begitu kami melihat bahwa pola yang dilakukan pemerintah dalam proses pembangunan atau pemilihan rekanan semakin hari semakin baik," katanya 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X