• Kamis, 8 Desember 2022

Masa Pembentuk Kepribadian adalah Masa Kanak-Kanak, Orang Tua Harus Peduli

- Senin, 3 Januari 2022 | 16:45 WIB
masa kanak-kanak dalam pantauan orang tua (beritajowo/dok)
masa kanak-kanak dalam pantauan orang tua (beritajowo/dok)

beritajowo.com / semarang - Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah masa kanak-kanak. Yaitu salah satu fase yang harus dilalui oleh setiap orang.

Masa kanak-kanak dikenal juga dengan masa keemasan yaitu masa-masa bagi orang tua untuk mengajarkan berbagai hal kepada anak, misalnya ilmu agama, ilmu pengetahuan, norma dan tata krama yang harus dilalui pada fase ini.

Masa kanak-kanak adalah fase dimana akan membentuk kepribadian anak di masa depan, maka orang tua harus peduli terhadap anak.

Baca Juga: Kapan Pemberkasan Peserta Lolos tahap 2 PPPK Guru Tahun 2021?

Karena masa kanak-kanak adalah masa yang tidak mungkin bisa kembali lagi maka setiap anak diharapkan bisa melewatinya dengan penuh kebahagiaan. Masa yang dilewati ketika masih kanak-kanak akan tetap membekas dalam benak hingga kelak dewasa.

Masa kanak-kanak yang dilewati dengan baik dan menyenangkan akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan jiwa anak ketika menuju proses pendewasaan. Sedangkan masa kanak-kanak yang kurang baik akan meninggalkan trauma yang berkepanjangan pada diri anak.

Baca Juga: Kajian Kitab Durratun Nasihin; Ustad Muhammad R. Falah: Rasulullah: Orang Berakal Keutamaan Manusia

Dunia boleh saja berubah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, dunia anak-anak tetaplah masa yang penuh dengan kebahagiaan dan permainan.

Meskipun permainan yang ada di zaman milenial sekarang ini berbeda dengan permainan zaman dahulu. Permainan tradisional zaman dulu lebih banyak mengedepankan kebersamaan dan kerjasama, seperti misalnya permainan gobag sodor, benthik, lompat tali, petak umpet, dan sebagainya.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Benjolan di Payudara, Tidak Selalu Kanker

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Segudang Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Jumat, 16 September 2022 | 21:14 WIB
X